nia susanto

bahkan butuh gelap untuk melihat indahnya bintang :)

tugas komkel

May13

Praktikum ke-8 Hari, tanggal : Selasa,23 April 2013
MK Sosiologi Pedesaan (KPM 230) Ruangan : RK. 15 TAN 301 A

Topik Praktikum :

Bahan Bacaan :

Kelompok 4 :
M. Syarif Harahap / C54090015
M. Miftah Rahman / E24110036
Radha Santunnia / I34110016
Fitri Rabbani / I34110049
Sandy Adi Pratama / I34110092
Gina Sutanti/ I34110133
RNG Handoyo / I34110154

HASIL OBSERVASI
Kelompok kami melakukan observasi singkat di Desa Babakan tengah RT O2 RW 06 Kecamatan Dramaga. Observasi yang kami lakukan dalam bentuk wawancara kepada salah satu warga yang bernama Bapak Rais (72 tahun). Tujuan kami melakukan observasi ini adalah untuk mengetahui bagaimana terjadinya asimilasi, akomodasi atau stratifikasi dalam kelompok masyarakat desa babakan tengah . Menurut bapak rais penduduk di desa tersebut semakin padat jumlahnya setiap tahun semenjak banyaknya mahasiswa dari luar daerah yang meneruskan studi di IPB. Kedatangan mahasiswa yang setiap tahun jumlahnya mencapai tiga ribuan lebih berasal dari daerah dan suku yang berbeda-beda serta agama dan adat yang berbeda pula. Sedangkan di Desa Babakan Tengah mayoritas penduduknya beretnis sunda yang terkenal ramah dan sangat kental kekerabatannya. Namun, keadaan tersebut tidak membuat lingkungan sosial maupun adat setempat berubah apalagi sampai menimbulkan konflik, justru antara warga dan mahasiswa pendatang saling menghargai satu sama lain karena mahasiswa bisa menyesuaikan diri dengan situasi serta keadaan di desa Babakan tengah.
Konflik yang muncul biasanya bukan dikarenakan masalah etnik, tetapi lebih kepada perebutan mata pencaharian. Masalah ini pun lebih banyak diselesaikan melalui kekeluargaan, tidak sampai ke ranah hukum yang lebih jauh. Persaingan etnik di dalam kehidupan mahasiswa sekitar Bateng juga tidak banyak terjadi. Mahasiswa telah banyak melakukan penyesuaian pandangan dengan warga sekitar dan sesame mahasiswa.

1. Hasil observasi menunjukkan adanya akomodasi dalam lingkungan tersebut. Akomodasi adalah suatu proses penyesuaian sosial dalam interaksi sosial antara pribadi dan kelompok-kelompok manusia untuk meredakan pertentangan. Akomodasi mempunyai dua aspek pengertian, yaitu: 1).Upaya untuk mencapai penyelesaian dari suatu konflik atau pertikaian. Jadi mengarah kepada prosesnya. 2).Keadaan atau kondisi selesainya suatu konflik atau pertikaian tersebut. Hal ini dicirikan dengan adanya suatu penyesuaian yang dilakukan baik oleh para warga pendatang, maupun oleh warga yang menetap dengan lingkungannya. Semenjak keberadaan IPB, banyak mahasiswa yang bermigrasi ke daerah Darmaga, khususnya Babakan Tengah. Akibatnya, baik warga maupun mahasiswa tersebut harus menyesuaikan dirinya dengan keadaan baru. Warga sekitar harus bersiap untuk ‘terusik’ keadaan lamanya dengan kedatangan para mahasiswa yang notabene berasal dari suku, etnik, dan kebudayaan yang berbeda-beda. Mahasiswa juga dengan membaya kebudayaannya harus bersiap untuk menyesuaikan dri dengan lingungan di Babakan Tengan yang mayoritas beretnis sunda. Namun, kami tidak menemuka terjadinya asimilasi di Desa Babakan Tengah. Asimilasi adalah bentuk hubungan antaretnik yang berusaha mengurangi perbedaan diantara mereka untuk mendapat kesatuan tindak sikap demi mencapai tujuan bersama.

Dalam lingkungan tersebut, dituntut adanya suatu interaksi antar warga dan mahasiswa. Namun, dengan latar belakang kebudayaan yang berbeda, menimbulkan adanya suatu potensi konflik. Potensi ini bisa dipicu oleh perbedaan kebiasaan, pola pikir, perspektif dan pandangan terhadap sesuatu, sehingga diperlukan suatu penyesuaian, toleransi, dan control terhadap perbedaan yang ada agar potensi konflik tidak berkembang menjadi pertentangan dan konflik.

2. Resume : Bentrok antar kampung dipangkal pinang yang berada di provinsi Lampung menjadi perhatian khusus komandan korem 045/Garuda Jaya Kolonel Inf Didied Pramudito. Konflik ini merambat pada unsur etnis yang semakin sulit untuk dikendalikan. Awal mula konflik pada suatu daerah disebabkan sudah tidak kompaknya masyarakat dilingkungan sekitar, jika masyarakat bersatu tidak mudah ditunggangi oleh pihak lain. “Eskalasi perpecahan hingga konflik yang dilatarbelakangi etnis di Provinsi Bangka Belitung sangatlah kecil, karena budaya dari masyarakat Babel sendiri jauh dari kekerasan. Pola kekeluargaan antar etnis disini sangat luar biasa sehingga semuanya hidup berdampingan dengan damai dan rukun,” kata Didied.
Namun diakuinya, tidak menutup kemungkin konflik di setiap daerah pasti ada. Untuk itu jajaran Korem sudah diperintahkan selalu memonitor kondisi di lingkungan masyarakat. Hidayat mengatakan peran pers sangatlah penting,”Pers mempunyai tugas pokok yakni memberikan informasi untuk masyarakat melalui pemberitaan di medianya masing-masing. Pers juga mengemban tugas mulia untuk kepentingan dan kedaulatan bangsa serta negara Indonesia dengan cara menyampaikan informasi kebenaran, karenanya pers sama dengan guru pahwalan tanpa tanda jasa,” jelas Hidayat.

Asmilasi, bentuk hubungan antar etnik yang berusaha mengurangi perbedaan diantara mereka untuk mendapatkan kesatuan tindak dan sikap demi mencapai tujuan bersama.

Dalam bacaan ini Konsep Asmilasi terkait pada Provinsi Bangka Belitung sangatlah jauh dari konflik atau perpecahan karena budaya dari masyarakat Babel sendiri jauh dari perpecahan. Pola kekeluargaan antar etnis sangatlah luar biasa semuanya hidup berdampingan dengan damai dan rukun. Maka dari itu setiap daerah di Indonesia harusnya memiliki rasa kekeluargaan antar etnis sehingga jauh dari konflik atau perpecahan antar etnis dan menjadikan Negara Indonesia negara damai, aman dan sejahtera.

Jika dilihat dari sudut akomodasi, warga Babel berusaha menghormati dan menghargai keberadaan etnik lain. Baik secara fisik maupun nilai-nilai mereka. Walaupun masing-masing warga tidak saling menghilangkan nilai kebudayaan mereka, tetapi potensi konflik dapat dicegah. Tidak saling memusuhi atau menngganggu kepentingan dari budaya lain menjadi cara yang mudah untuk berbagai etnik hidup rukun dalam satu tempat.

3. Tidak munculnya konflik di masyarakat dramaga maupun bangka belitung di sebabkan oleh kebudayaan masyarakat asli dan masyarakat pendatang yang saling mengakomodasi perbedaan budaya yang bisa menjadi potensi konflik. Di desa dramaga yang banyak didatangi oleh mahasiswa yang berlatar belakang budaya berbeda, masyarakat asli toleran terhadap budaya yang baru selain itu mahasiswa pendatang pun menyesuaikan dengan budaya yang ada sehingga perbedaan budaya tidak menimbulkan konflik.

Masyarakat bangka belitung yang memiliki banyak budaya dari etnis dari berbeda. Hal ini sudah berlangsung sudah sangat lama akan tetapi potensi konflik tetap ada. Potensi konflik yang ada sampai saat ini belum menunjukkan potensi konflik yang serius dan dapat mengganggu. Hal ini disebabkan oleh masyarakat bangka belitung yang berkomunikasi dengan baik sehingga tidak terjadi perpecahan yang disebabkan oleh perbedaan etnis yang bisa saja ditunggangi oleh pihak-pihak tertentu.

Komunikasi dari dua fenomena ini menjadi hal yang penting sebagai media pengenalan atau bahkan pencampuran budaya yang ada. Komunikasi ini berupa musyawarah sehingga potensi konflik yang berasal dari perbedaan budaya dapat ditekan. Musyawah tersebut menjadi tahap awal dalam peneyusaian budaya yang ada.

dirimu, ketahuilah isi hatinya..

May2

reuni itu membawanya kembali ke 8 tahun yang lalu.. saat ia, dirimu dan rasa itu bertemu.. mata tak lagi mentap mata, ia berpaling ke hati.. tak mengapa engkau pernah “mengenalnya”, ini manusiawi.

ia mendapatinya tepat 8 tahun yang lalu, saat pertama kali.. rasa itu terus ada, masih tetap eda, dan ia pertahankan untuk terus ada.. tak peduli apa kata orang lain.. ia terus melangkah, bertahan dengan membawa rasa itu terus ada di hatinya..

kini entah siapa yang tak mengenal dirimu.. ia selalu bercerita tentangmu.. dengan teman baru di SMA atau di tempat ia sekarang menuntut ilmu..
tak pernah sedikit pun ia merubah jalan ceritanya, tak pernah sedikit pun ia berusaha untuk mengganti peran utamanya.. yaa, dirimu.. dirimu lah petan utama dalam setiap untaian ceriatanya..

seperti tak berujung, yaa mungkin.. ia belum juga menemukan pengganti pemeran utamanya.. pemeran utamanya kini dianggap sebagai aktor terbaik.. aktor yang unik, tak pernah terganti..tapi sampai kapan? ia pun tak pernah tau..

menurutnya, banyak aktor yang lebih baik dari dirimu, tapi tak pernah sejengkal pun ia ingin mengganti mu.. setiap senyumannya, sentuhannya, menunjukkan kerinduan.. kerinduan akan pemeran utamanya.. DIRIMU! ya siapa lagi?

mungkin kau bertanya, ia seringkali terlihat “bersama” aktor lain.. jangan khawatir, kau tetap pemeran utamanya.. :D

apa yang ia lakukan selama 8 tahun ini?
hanya satu…….
berusaha menjaga hatinya, hanya untuk dirimu..
berusaha menjadi lebih baik, agar ia pantas bersanding denganmu..
berusaha menceritakan tentang dirimu padaNya, agar ia terhindar dari rasa rindu yang dapat mengotori hatinya..
berdoa…agar dirimu dan ia kelak bersatu dalam kesucian…kehalalan cinta..
cinta yang berhasil menjaga nya menjadi wanita yang kuat..
KAU? TIDAK TAHU? sungguh, kau memang bukan seorang perasa..
tetapi ia tak pernah meminta mu untuk tahu..
“biar Tuhan Sang pembolak-balik hati yang membawanya padaku”

adil kah?
apa kau juga merasakannya?
jika tidak? bagaimana dengan ia?
haruskah ia tetap bertahan?

cinta…membuatnya kuat!!

ia ingin sekali merasakan hal itu lagi……dengan aktor yang samaaaa……di hadapan orang tuanya :D

ia tak perlu ungkapan kasih mu, ia hanya perlu keberanianmu..
datanglah…datang pada orang tua nya.. itu lah yang setiap wanita inginkan bukan?
ku harap kau mengerti..

ia ingin sekali menulis namamu di lembaran skripsinya, ia ingin sekali membawa pendamping di wisudanya.. SIAPA? ya DIRIMU..

mengertilah.. tak mudah untuk seorang wanita tetap bertahan dengan sebuah nama..
nama yang “baik”.. :D

-2 may 2013-
-ia-

biar kunikmati ini sebagai hadiah dari Tuhan :’)

April24

hmm.. rasanya aneh banget kalo buat postingan dengan nada mendayu-dayu

biar saja rasanya ada, jangan ditolak atau berusaha melupakan

biar ia terus ada, jangan biarkan kita malah tenggelam tanpa ada yang sadar kalau kita “tenggelam”

biar saja rasa itu terus ada, manusiawi.. kita memang diciptakan untuk bisa merasakan rasa itu..

 

yang harus kita lakukan sekaramg adalah memantaskan diri, karena yang rusuknya hilang pun sedang memantaskan diri :p

apapun cerita kita, aku bahagia :D

February14

ini postingan khusus buat advokasi ku :D

mungkin gue gak se-puitis faisal rahman, tidak sebaik nabil dalam merangkai kata, dan tidak sepolos dila dalam membuat sebuah tulisan..

keluarga baru ini dikasih nama advokasi. pertemuan pertama gue dengan ke-10 orang asing ini entah tanggal berapa. saat ituuuuu…kumpul perdana BEM TPB kabinet Madani.

nih ya gue kenalin ke-10 pengurus keperluan 3000 lebih umat TPB 48

1. Nashrur Rahman Qorieb : beliau ini Kadept Advokasi bem tpb kabinet madani yang di CR lhooooo…..keren kan kadept gue -_-”
oke.. “nama nashrur rahman qorieb, biasa dipanggil anas, tapi pengen dipanggil nashrur”.. karena anas dan nashrur itu lebih mudah anas, yaudah gue panggil dia anas, wait, karena beliau lebih tua gue panggil beliau pak anas..pak anas oang  nya tertutup, kesan pertama liat pak anas tuh “ADUH, mas mas subhanallah lagi, mana gak demen bercanda, kaku deeeeeh, gak asik” *bakar rumah*.. tapi, lama berselang, pak anas mulai cair dan terbuka.. semakin hari semakin banyak hal-hal “sweet” yang beliau kasih ke advokat 48 sebagai anak anaknya.. kalo tipe pemimpin, pak anas tuh laizes faire (menyerahkan segala keputusan pada anggotanya, LEBIH TEPATNYA sekdept dan bendeptnya) sebagai bendept gue bangga punya kadept seperti beliau -___-” *nyongkel sptiktank*

pak anas ini suka nya ngomongin soal nikah, gue pun jadi kedoktrin ngebet nikah gara-gara suka denger advice dari beliau.. -_- hhahaha.. beliau ini sumber informasi gue banget seputar dunia kampus yang hanya dimengerti oleh segelintir orang.. gue suka kepo deh sama pak anas, hebatnyaaa……beliau tetep aja jawabin pertanyaan gue walaupun itu keliatannya sih konyol -_____-” *bungkus*

pak anas itu udah gue anggep sebagai kakak tertua *jahat*, sebagai ustad penyejuk hati dan satu lagi yang penting, sebagai objek bully-an.. pasrah siiiih.. seneng aja ngeledekinnya, soalnya raut mukanya langsung berubah, mukanya merah, terus jadi senyum senyum gitu, alay parah.. oke ngomong ngomong soal alay, kadept gue yang satu zuper duper ALAY dewa.. -____-” buktinya aja, dulu kan gue pendiem kan, eh gara gara suka bergaul sama beliau, gue jadi alay juga…. -_______________-
aaaaaaaaaaa…..banyak hal banget yang bakal gue kangenin dari pak anas alay ini :’) GREAT YEAR with you lah yaa :D

2. Hera Khairul Ummah

hera….sebelum di advokasi gue udah “DEKET” banget sama hera di PSDM SMASH *last time*
hera orang nya keliatannya alim, pendiem, gak banyak ngomong padahal maaaaaaaaaaah………alay, bawel, ambekan lagi *ditabok*
hera itu kayak kakak gue juga, soalnya kalo gue makan dia yang ambilin gue minum *adik kurang ajar* oia, karena hera juga merasakan hal yang sama ama gue (didepak dari PSDM), makin hari gue semakin deket ama dia karena emang kewajiban dan merasa senasib -____-” punya kadept yang terlalu “cuek” bikin gue sama hera pengen banget bakar rumah kadept advokasi *entah kenapa*
gue dan hera selalu merasa senasib sepenanggungan karena harus menggung malu punya kadept alay, terima ocehan sana sini yang bikin kita pengen banget dari awal mengundurkan diri dari bem :’)
hera itu bisa jadi buku diary, dia tau semuanya :’) makasih sekdept ku :) I LOVE YOU SO BAD!!

3. chevia Nadia Laksmisari
CHEVIA, bagus ya namanya, asing asing gitu.. tapi karena gue gak terima ada yang namanya bagus, kita panggil dia “CECEP” *PELECEHAN BANGET*
cecep nih orang nyaaaaa….kritis, gue seneng aja kalo denger dia berpendapat, keren aja, keliatan pinternya *kalo gue kebalikan*.. cecep lumayan terbuka walaupun kalo hal yang privacy banget dia lebih suka nyimpen daripada ngumbar *kalo gue kebalikan juga*
cecep itu pinter, IPnya pernah 4,0.. cecep itu “klik” banget sama gue kalo urusan “tebak menebak” (cecep pasti ngerti).. karena sering banget hal yang ditutup2in sama orang lain, kita bisa tau.. salah orang nya juga, udah tau rahasia, eh malah kasih kode -__-”
cecep ide nya banyak, ya maklum lah orang pinter *beda dikit ama gue* -___-”
cecep itu cekatan…………tapi sibuk, AAAAAH…pokoknya mah nge-fans banget lah sama cecep, cewek idaman nih.. mumpung masih ‘available’ heheheh
SEJAM SAMA CECEP ITUUUUUU…BERASA GAK UPDATE BERITA 60 JUTA TAHUN YANG LALU -____-”

4. niken rahmah ghanny

kalo cecep tadi update berita terkini, orang ini juga suka update, update status -_-”
dulunya mah kyk gue gitu dandanannya, beda nya niken cantik, gue cantik banget :”)
kalo di advokasi, kita panggil dia dengan panggilan “icen”
tapi sekarang niken berubah lebih islami.. jujur aja, gue baru ngerasain adanya niken, karena dulu niken jarang bahkan gak pernah kumpul.. beliau kan sibuk banget, kegiatannya banyak.. hehehe *cie nia gabut*
niken itu orang nya polos banget, saking polosnya kadang pengen banget ngehajar niken kalo “polos”nya udah berlebihan -____-”
kalo semenit aja ama niken, mungkin udah gak bisa ngitung berapa orang yang dia sapa -___-”
niken tuuuuh….susah ditebak.. kadang gini, kadang gitu.. susah ditebak!!
well well.. apapun yang niken lakukan, buat gue sangat membekas.. :’)
sepertinya aku akan merindukan kepolosan anda :’)

5. maryan desi wiranti

hai hai… ini teman saya namanya maryan, tapi karena biasa banget manggil maryan, dan males banget manggil desi atau wiranti -___- soooooo, gue panggil dia dengan sebutan “marry”
marry……hmmm… marry orang nya sebenernya terbuka, pengen cerita, tapi kalo udah mau cerita tiba-tiba bilang “gak jadi deh”
*bacok*
maryan juga polos, walau tak sepolos niken, lebih banyak diam dalam forum rapat (hah…rapat hanya klise?) tapi kalo udah berpendapat kadang suka jleb ,oment gituuuuu…..zeeeengzeeeeeeengzeeeeeeng -______-”
maryan itu orang nya lebih banyak nyimpen rasa, jadi gue pribadi suka susah menilai perasaan dia.. orang nya juga hayo hayo aja, padahal gak tau dia seneng atau enggak, kadang kyk gak enakan buat nolak gitu.. huhuhu gue pribadi suka susah deh kalo bergaul sama maryan, takut melukai perasaannya.. soalnya beliau diem aja sih -_______-
maryan jugasebenernya perhatian sama kita, seneng deh kerja sama maryan.. percayalah!! marya itu orang nya dedicated banget.. kalo soal komitmen jangan tanya deeeeeh..kece beraaaaaat!!! rugi banget organisasi yang pernah atau akan menolak mayan :D

6. ahmad mukhlis hidayat

HAAAAA……….cowok paling modus seantero advokasi ini biasa dipanggil “ucis” sama anak advokasi:’)
panggilannya unyu unyu kaaaaaaaaaaaaan? pastinyaw :)
oke, ngomong ngomong soal modus, para lelaki wajib banget belajar dari orang yang satu ini.. pliiiiis!! pliiiiiis!! janga diliat dari penampilannya yang emang alim, tapi lihat nya cara dia modusin cewek, LUAR BIASA!! yaaa.. semi-mas2 subahanallah gitu deeeeeh, cewek yang dimodusin juga mbak2 subhanallah :D hahahahaaah
pertama kali liat ucis nih yaa dalam hati gue ngomong “mukanya playboy banget”, tapi pas tau ucis ternyata “bekas” anak pobdok, mungkin kata-kata tadi gue tarik lagi yeee.. okes sip!!

Lanjutin sesi capek nulis di blog kemaren. Luar biasa, saat hari minggu yang ceria dan seharusnya gue Cuma molor doang, ternyata kepikiran buat nge-blog. -_____-

Setelah kemaren kelar nyeritain mukhlis dengan segala ke modusan nya. Sekarang, next on jumadi yeee..

7. Jumadi

Mungkin kalian bakal bilang gue gak adil. Knpa yang lain ditulis nama panjang nya, sedangkan jumadi enggak. Oke, namanya emang Cuma Jumadi. Nama boleh Cuma jumadi, tapi pengalaman hidup nya gak sependek nama “jumadi” nya.

Luar biasa banget kalo inget dulu beliau pernah cerita (sorry, ini rahasia, jadi gak bisa gue share). Banyak banget pelajaran yang bisa gue ambil dari sosok jumadi. Kalo lu liat yee, orang nya kurus kurus gitu, tapi mental nya meeeeeen…….kayak paku yang di galvanisasi ama logam zink (gak nyambung) artinya gak mudah karat. Lebih tepatnya, beliau selalu berusaha mentalnya tetep setajam paku yang gak karatan. (kebanyakan ngomong lu niiiiiaaaaa)

Jumi (panggilan khusus) orang nya kuat banget, kuat banget,.. bukan secara fisik kayak samson atau ade rai gitu.. tapi kuat secara mental dan hati. Walaupun ada orang yang memperlakukan dia secara tidak menyenangkan, tetapi beliau tetep aja sayang ama orang tersebut. Sumpaaaaah juuuum…kok lu keren banget siiiih..  yang gue suka dari jumadi tuuuuh….beliau selalu jadi diri beliau sendiri :D

Jumadi mandiri (kalo menurut sudat pandang gue), mengayomi, kyknya kalo udah dianggap sahabat banget, jumadi tuh bakal sayang banget gitu (analisis cerita jumadi)

Jadi diri sendiri, dan mandiri…ayok ayok yang lagi cari suami, recommended niiiih.. haha

8. Gusti  habiby surya nata

Gusti. Ya gusti. Ketemu diadvokasi, dipasangin jadi PJR (penanggung jawab rumpun) 19 barengan lagi. Heheh

Jujur aja, gue mungkin yang gak peka atau gmna, gue kurang bgtu mengenal gusti secara menyeluruh. Gusti itu lebih menutup diri diantara yang lain. Dan intensitas gue ketemu gusti itu gak sesering ketemu advokasi yang lain.

Gue gak bisa cerita banyak tentang gusti dalam hal advokasi an. Tapi kalo kalian mau tau gusti, gue cukup intens ketemu gusti, kerja bareng beliau, saat MPKMB. Gusti itu cukup bertanggung jawab, kalo sedikit dipaksa, haha.. beliua banyak bantu gue buat koordinir anak cowok di rumpun, tapi ya itu tadi, gue harus bersedia buat mengkoordinir beliau juga. -____-

Gue berutang budi banget sama gusti selama MPKMB. Gak tau ya berapa ribu kali gue manyun, berontak, marah-marah karena MPKMB. Dibalik itu beliau selalu bilang “kalo marah atau capek itu jangan ditunjukkin ke adek-adeknya” *JLEB* gue seketika berasa bego -___-“

gusti banyak banget bantu gue selama jadi PJR, terlebih bantuin gue pas gue hampir bunuh diri karena barang-barang MPKMB buat rumpun 19 ternyata keabisan *gak bunuh diri juga sih* beliau itu dengan nada yang lebih halus dari cara bicara gue selalu bilang “gpp dek bajunya kegedean, kan ntar dimasukin” berusaha selalu membuat adek-adek rumpun tuh lebih tenang, padahal jelas-jelas lagi ada masalah. Gusti juga banyak bantu gue untuk mengurus adisa, adek rumpun kita yang sakit tipes tapi malah ikut MPKMB -___-“ (inget gak gus?) dan percayalah, gue gak pernah tau yang namanya adisa itu yang mana.. (PJR gadungan) -____-

9. rizal edwin saputra

“gue nih mau tanya yaa.. gue kan BEM TPB milihnya BOS kan, tapi malah dapet advokasi.. jujur gue sendiri gak tau mau ngapain sih di advokasi…..” inilah sebentuk kalimat pertama yang gue denger dari mulut ijal (panggilan Rizal) bahkan sebelum gue tau namanya Rizal. -____-“

Dan denger kalimat ini gue langsung jleb jleb. (dalam hati) “emang lu doang yang gak ngerti. Gue juga kejebak diranah yang gue gak suka” *ini kan setahun yang laluuuu….sekarang mah cinta J *

Sebelumnya gue cerita dulu.. dari 11 anak advokasi mungkin Cuma cecep ama jumi doang yang beneran pengen di advokasi. Sedih kaaan.. horrrrroooooor kaaaan… tapi coba dilirik dulu asrama sekarang, lebih baik bukan? :p

Next, back to ijal.. ijal menurut gue, sosok yang penyayang, keliatan sih gimana beliau memperlakukan ibunya. Yaa, sebagai anak cowok satu-satunya gue maklum banget lah yaaa.. adek cowok gue juga sejenis ijal gituuuu soalnya -____-“ ijal itu open minded (lagi lagi ini menurut gue), karena tiap gue mau tanya hal-hal yang bisa dibilang “sensitif” beliau malah terbuka banget cerita ini itu. Kan gue jadi kepo. -__-

Gak banyak yang mau gue ceritain tentang ijal, ijal kece lah (udah capek sebenernya)

10. Bimo hariokusumo

Bimoooo……pinter.. (singkat padat jelas)

Bimo itu pinter, keliatan aja dari “isi” kalo dia lagi ngomong. Sibuk nya ampun ampun.. kegiatannya banyak, waktunya sedikit, dan tetep bisa berprestasi,, (piso mana piso) walaupun ngeselin juga sih karena susah banget buat ketemu beliau (bikin surat izin dulu kyknya)..

Bimo itu….keliatannya sih tegar, keliatan sih dari cara dia nyeritain ayahnya, cepet sehat yaa ayahnya Bimo.. :D tapi jujur aja sih, dari semua anak advokasi, Bimo itu yang paling susah ditebak, bahkan mengalahkan Gusti. Hehe :p
mungkin karena waktu MPKMB nia sering sama gusti.. kadang suka sedih kalo Bimo dateng rapat dan beliau gak ngerti apa apa (pukpuk Bimo), seharusnya sih bimo sering dateng.. hehe karena teori konvergensi simbol itu penting dalam sebuah kelompok (cipok asprak komkel) -_____-“

 

Okeee.. siapa lagi yang belum? Udah semua kn? HAAAA… capek juga ya curhat lewat ketikan keyboard, enak curhat heart to heart.. (Apasih)

Anywaaaaaay, dari semua kekurangan dan kelebihan setiap anggota, advokasi itu begitu berharga. Gak mau dibilang pilih kasih atau gmna, semua anggota advokasi udah saya jelaskan sedetail yang saya tau, karena sesungguhnya pengetahuan saya terbatas. Sebaai penulis yang baik saya menerima segala kritik dan saran yang membangun. (makalah mana makalah) -_____-“

YAK, sampailah pada sebuah kesimpulan. NIA SAYANG BANGET SAMA KELUARGA ADVOKASI.

Big thanks to semua pihak yang udah hadir dalam kehidupan nia, merubah nia sampai seperti ini. Makasih buat pak anas atas semua ilmunya, hercul atas semua kasih sayangnya, niken atas kepolosannya, cecep atas semua wawasannya, jumadi buat pengalam hidupnya, ucis buat semua gaya modesnya, maryan atas kelembutannya, gusti buat kesediaannya membantu nia, rizal dan bimo atas segala raga dan jiwa yang bisa nia kenal..

APAPUN, BAGAIMANA PUN, SIAPAPUN KALIAN, NIA BAHAGIA UDAH PERNAH MENJALANI LEMBAR SEJARAH BERSAMA KELUARGA ADVOKASI

Radha Santunnia pamit, see yaa on next post.. cuuuus :DDDD

persahabatan itu masalah nyaman atau tidak

February13

kata nyaman mungkin udah gak asing lagi di telinga kita..

kata sahabat, persahabatan, dua kata sakral ini juga udah biasa banget kita dengar..

sahabat, sahabat adalah orang yang selalu ada di saat apapun.. dalam keadaan seneng, sedih, ketawa, nangis bahkan mungkin disaat orang-orang menjauh dari kita, merekalah yang datang mendekat pada kita..

hal yang wajar banget lah yaa,, namanya juga sahabat..

sedangkan nyaman itu sendiri adalanh perasaan dimana kita merasa bisa senang, bisa tenang dan ngerasa gak ada satu pin gangguan disana.. aseeeek.. intinya lo tau kaan apa itu nyaman.. hehe

tapi, di konteks tulisan gue ini, mungkin arti nyaman adalah perasaan “klik” sama seseorang-yang dalam konteks ini sahabat kita-

gak ada batasan orang bisa ngerasa nyaman.. dalam artian, kita gak harus selalu nyaman di tempat yang bersih, dirumah yang mewah, di mobil yang bagus, atau semua kondisi yang baik.. kalo buat gue, rasa nyaman itu bisa di ciptakan WALAUPUN di tempat yang mungkin kita liat gak layak/.. contoh : di lingkungan rumah kumuh gue rasa semua orang juga tau kalo itu tuh gak nyaman banget.. tapi coba, kita tengok orang-orang di dalamnya.. mereka bisa aja merasa nyaman dalam suasana seperti itu.. terus mereka salah gitu? gak lah! mereka wajar banget ngerasa nyaman.. rasa nyaman dapat saja  tercipta saat mereka berkumpul bersama keluarga, bercanda, bersenda gurau bersama.. artinyaaaa,gak harus dari sesuatu yang bagus untuk bisa membuat kita nyaman.. :D

menerima kondisi persahabatan, terima kondisi sahabat kita :D

Strategi pengembangan Kabupaten Karo sebagai kawasan agropolitan

October5

Pembangunan sektor pertanian pada dasarnya merupakan bagian integral dari pembangunan ekonomi nasional secara keseluruhan, begitu juga dalam peningkatan ekonomi daerah. Sesuai tujuan pokok dari pelaksanaan otonomi daerah sebagaimana dimaksud dalam UU No. 22 tahun 1999 tentang Pememrintahan Daerah dn UU. No 25 tahun 1999 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Daerah, adalah untuk mempercepat perkembangan ekonomi daerah. Pada saat ini sumberdaya ekonomi yang dimiliki dan siap didayagunakan untuk pembangunan ekonomi daerah adalah sumberdaya agribisnis (Gie, 2002)

 

sumber : http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/51014

Hello world!

October5

Selamat datang di Blog Mahasiswa IPB. Ini adalah postingan pertamamu. Edit atau hapus postingan ini dan mulailah menulis blog sekarang juga!